TERANCAMNYA PETANI NYALINDUNG

Mekarwangi – Hujan deras yang mengguyur Desa Mekarwangi Kecamatan cikadu, Malam hari (8/3/2017) mengakibatkan terputusnya saluran irigasi nyalindung longsor hingga sebagian sawah di atasnya terbawa longsor. Longsoran terjadi sudah dua kali dengan lebar sekitar 20 meter.

Akibatnya air yang biasa mengairi Puluhan hektar sawah di nyalindung desa mekarwangi kecamatan cikadu kini terputus. Dampaknya petani tidak bisa langsung membajak sawah setelah panen.

Saluran irigasi yang terbawa longsor ini mengancam ratusan hektar sawah di nyalindung desa Mekarwangi Kecamatan Cikadu tidak teraliri air.

Warga sekitar Sarif hidayat (55), menuturkan hujan deras mulai turun sekitar pukul 22.00 WIB seperti biasa volume air di saluran irigasi nyalindung cukup deras.

“Diduga saluran air tidak mampu menampung debit air sehingga meluap dan longsor membawa sawah di sekitarnya dan memutus saluran irigasi,” ujarnya.

Menurutnya, setelah saluran terputus tidak terlalu lama menyusul longsor susulan terjadi akibat material longsor yang pertama terbawa air.

“Seluruh air dari saluran irigasi langsung tumpah membawa material longsor dan mengalir ke sungai cisampai didekatnya.” katanya.

Akibat kejadian tersebut warga mengalami kerugian hingga puluhan juta.

Warga meminta agar pemerintah Kabupaten cianjur desa mekarwangi segera melakukan tindakan agar bisa normal kembali dan mengairi sawah mereka.

“Saluran irigasi ini sangat penting untuk mengairi area persawahan ratusan hektar. Bila dibiarkan maka akan terancam,” pungkasnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan