Tidak Takut Lagi, Jembatan Cibodas Kini Bisa Dilewati

Mekarwangi – Di pinggiran kabupaten ini ternyata masih ada jembatan gantung yang bisa dibilang mengerikan untuk dilintasi. Jembatan gantung di kedusunan Tipar, Mekarwangi, Cikadu , Kabupaten Cianjur, ini merupakan salah satu contoh infrastruktur yang perlu dibenahi. Jembatan tersebut menghubungkan dua Kecamatan, yaitu Cikadu dan Cibinong.

Jembatan itu sangat penting bagi masyarakat serta salah satu jalan yang digunakan anak – anak untuk pergi ke sekolah, tak hanya anak – anak sekolah, para pekerja selepas pulang dari kantor pun melintas di jembatan tersebut, wajar, bagi masyarakat sekitar jembatan tersebut sangat dibutuhkan.

Namun kondisi jembatan gantung tersebut masih jauh dari kata “Layak”. Jalan yang dilintasi warga itu terlihat rentan sekali roboh.

Jembatan itu dialasi kulit pohon enau dan ditopang oleh kayu, pegangan jembatan itu pun hanya sebatas bambu.

Jembatan itu lun berada di atas sungai cisadea. Jarak antara jembatan dan sungai cukup tinggi.

Warga sehari – hari menggunakan jembatan itu untuk beraktivitas dari mulai anak – anak hingga orang tua. Warga yang telah biasa tak merasakan adanya kegelisahan saat berjalan di atas jembatan itu. Namun bagi orang baru, jembatan tersebut cukup menguji nyali karena goyangan yang dihasilkan saat orang melintas di jembatan tersebut.

Salah seorang warga Desa Mekarwangi, Budi (37), mengaku selalu melewati jembatan tersebut. Menurutnya, anak – anak sekolahpun sering melewati jembatan tersebut.

Jembatan ini, kata Budi, juga pernah memakan korban pada tahun 2016 yang disebabkan kecelakaan kerja pada saat warga gotong – royong untuk merehabilitasi jembatan tersebut.

Dan pada tahun 2017 warga Desa Mekarwangi beserta Pemerintah Desa Mekarwangi bekerjasama untuk membangun jembatan tersebut demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan jembatan tersebut agar warga dan masyarakat disekitarnya bisa melintasi jembatan tersebut tanpa rasa khawatir.
Berkat kerjasama  dan Gotong – royong dari warga masyarakat Desa Mekarwangi & Pemerintah Desa Mekarwangi Jembatan Cibodas saat ini sudah bisa dilintasi tanpa rasa khawatir dan rasa takut bila melewati jembatan tersebut. [Nia Mulyani] 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan