Peran Teknologi Terhadap Anak Usia Dini


Melihat dari perkembangan teknologi sekarang ini, perkembangan teknologi telah berpengaruh bagi kehidupan anak sehari-hari, peran orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi dewasa ini, kenapa peran orang tua yang berpengaruh terhadap pendidikan anak dengan adanya teknologi yang berkembang.

Mungkin tanpa kita sadari bahwa anak-anak sekarang sangat bergantung dengan teknologi seperti adanaya laptop, androit, tablet, hampir seluruh anak-anak sudah bisa memaikannya, bahkan anak yang dibawah umur tiga tahun mereka sudah terbiasa dan bahkan mereka cenderung permainanannya adalah Laptop/Komputer, Tablet ataupun Androit.

Hal semacam ini mungkin tidak asing lagi dengan penglihatan kita, anak-anak lebih suka bermain dengan laptop atau andoritnya ketimbang bermain dengan teman-teman sebayanya dan ada juga orang tua bahkan melarang anak-anaknya bermain diluar rumah, dengan berbagai alasan-alasan, sehingga anak-anaknya diberikan maianan seperti laptop dan androit sehingga anak-anak sibuk dan asik bermain sendiri, tanpa orang tua sadari bahwa permainan seperti ini sudah membentuk prlaku anak yang tidak bisa terpisahkan dengan teknologi ini.

Dapak teknologi yang semakin berkembang perlu kita ikuti tetapi untuk perkembangan anak memiliki dampak positif dan negatifnya, ada beberapa dampak positif dan dampak negatif teknologi bagi anak-anak:

Pengaruh Positif Komputer Terhadap Anak Usia Dini, Rimm, (2003:16) mengatakan, “komputer bisa membantu anak belajar. Banyak anak prasekolah belajar menggambar dan membaca dengan menggunakan komputer.

Beberapa pengaruh positif teknologi komputer untuk anak usia dini sebagai berikut:

Stimulasi bagi perkembangan antara kordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan.

Menstimulasi bagi perkembangan motorik halus anak khususnya daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif.

  1. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra.
  2. Mendorong anak untuk belajar selain metode verbalitas dalam kata-kata tertulis atau lisan belaka.
  3. Komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak.
  4. Anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
  5. Anak dapat mempunyai bekal persiapan yang pasti memasuki gerbang perguruan tinggi.
  6. Komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah menunjukan pengetahuan.

Menurut, Li dan Atkins dalam Genevieve Marie Johnson (2010) mencatat bahwa paparan komputer selama tahun-tahun prasekolah dikaitkan dengan kesiapan sekolah anak berikutnya sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan anak. Kumtepe (2006) mengamati bahwa anak-anak melek komputer yang dinilai oleh guru mereka mengemukakan bahawa keterampilan social anak lebih tinggi daripada anak-anak yang kurang mahir komputer.

Adapun menurut Fischer dan Gillespie dalam Sharon A. (2004). Menjelaskan hasil penelitian mereka di kelas Head Start, menunjukkan bahwa program dalam komputer seperti (1) perangkat lunak komputer dapat mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi dan melampaui pemikiran mereka, (2) komputer hanya pilihan lain di kelas,(3) komputer menjadi jembatan bagi anak untuk berpikir abstrak, dan (4) teknologi komputer dapat merangsang perilaku di kalangan anak-anak.

Pengaruh Negatif Komputer Pada Anak Usia Dini

Menurut (Chiba Takeo, et. al. 1997). Secara umum komputer, diasumsikan berdampak bahwa hubungan pribadi antara anak yang satu denga yang lainnya menjadi lemah karena anak-anak kurang berkomunikasi ketika mereka menggunakan komputer. Sedangkan menurut (Pribadi, dkk, 2010) adalah :

  1. Komputer dapat mengakibatkan mata pada anak menjadi sakit apabila terlalu lama didepan komputer.
  2. Komputer juga dapat mengakibatkan anak malas belajar, apabila anak mengenal permainan game online.
  3. Kemungkinan besar anak mengonsumsi permainan yang menonjolkan unsur-unsur kekerasan tanpa sepengetahuan orang tua.
  4. Anak akan kehilangan waktu bermain dengan teman seusianya yang akan menjadikan kurangnya keseimbangan kehidupan sosial anak tersebut.
  5. Anak juga menjadi malas belajar karena banyak waktu yang dihabiskan di depan komputer, sehingga mengakibatkan prestasi akademiknya menurun.

Akses internet juga akan berdampak negatif walaupun sesungguhnya, mampu mengakses internet adalah awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Anak akan terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.

Mengganggu kesehatan misalnya, repetitive stress atau strain injury, kelelahan mata dan sakit kepala, sakit punggung dan leher, dan lain sebagainya.

Mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang, akan tetapi anak harus dikenalkan dengan komputer walaupun ada pengaruh yang tidak baik yang dapat ditimbulkan, ada baiknya kita menyusun siasat dalam mengenalkan komputer pada anak.

Adapun cara mengajarkan komputer pada anak usia dini menurut Buckleitner (1994) Secara khusus, menunjukkan bahwa berikut cara yang sesuai untuk mengajarkan komputer untuk anak-anak:

Program-program yang fokus pada keterampilan awal, seperti pengenalan huruf dan menghitung yang dapat digunakan dalam kombinasi dengan pendekatan tradisional ( misalnya penggunaan Manipulatif ), Menulis dan menggambar perangkat lunak seperti KidPix, Program playful eksplorasi yang mengajarkan konsep-konsep, dan Buku cerita, yang menampilkan animasi, suara dan suara output ketika anak memilih item pada layar.

Jadi berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas maka mengajarkan dan mengenalkan komputer pada anak, amat tergantung pada kesiapan pendidik dan orang tua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua pendidik dan orang tua, perlu diingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi anak. Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang. Semoga tulisan ini menjadi pelajaran bagi kita untuk mengenalkan teknologi terkini dengan memilih sofware yang tepat dalam mengenalkan kepada anak diusia dini. wassalam

Facebook Comments
About Sandi Nurhakim 22 Articles
Mengabdikan diri kepada desa dan dipercaya untuk menata, mengelola sebagai bagian dari Pemerintahan Desa sebagai Kepala Seksi Pemerintahan

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan